mencairkan dana jamsostek

Berhubung sudah tidak menjadi mbak-mbak kantoran lagi, marilah diambil itu dana Jamsostek yang berpuluh-puluh juta tidak-seberapa-tapi-lumayan itu. Ceritanya sih mau diinvestasikan ke instrumen keuangan lain yang menghasilkan return lebih menjanjikan, apapun itu.

Tambahan lagi di gedung kantor saya ada kantor cabang Jamsostek. Mumpung tinggal turun lift doang, di minggu terakhir ngantor, saya memproses pencairan dana Jamsostek.

Ternyata prosesnya sangat mudah, cepat, dan yang paling penting dan harus digaris-bawahi adalah staf Jamsostek di kantor cabang Gatot Soebroto, Menara Mulia, sangat ramah dan helpful!

I’m a sucker for a good service and I’m really impressed with their friendliness! Mulai dari Bapak Satpam sampai Customer Service Officer-nya semuanya sungguh sangat ramah, baik hati dan tidak sombong. Me love it!

Dokumen-dokumen yang perlu dibawa untuk penarikan dana Jamsostek adalah:
- Formulir pencairan dana yang sudah diisi. Formulir bisa didapat di kantor Jamsostek (saya ambilnya sih di Bapak Satpam)
- Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) asli + fotokopi
- KTP asli + fotokopi
- Kartu Keluarga asli + fotokopi
- Surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan + fotokopi. Bila bekerja di beberapa perusahaan yang berbeda maka semua surat harus dibawa, terutama dari perusahaan terakhir.
- Fotokopi nomor akun buku tabungan, jika dana ingin ditransfer.

Semua dokumen asli perlu dibawa karena akan dicek oleh petugas terlebih dahulu, dan akan dikembalikan kecuali KPJ.

Untuk kasus seperti saya, di mana tenaga kerja berhenti bekerja, maka dana bisa dicairkan jika masa keanggotaan sudah mencapai minimal 5 tahun dengan masa tunggu 1 bulan.

Jika semua dokumen sudah lengkap maka pemohon akan difoto dan diberikan tanda terima. Dana akan ditransfer selambat-lambatnya 2 minggu sejak aplikasi diajukan.

Seperti yang sudah saya sebut tadi, prosesnya sangat mudah dan cepat, tidak sampai 10 menit.

Saya sendiri harus kembali untuk kedua kalinya karena surat referensi perusahaan saya kurang dan tidak membawa dokumen asli. Jadi pastikan semua dokumen lengkap ketika mengajukan permohonan supaya tidak bolak-balik.

Sungguh saya sangat puas dengan pelayanan Jamsostek, khususnya kantor cabang Gatot Soebroto, Menara Mulia *four thumbs up!*

8 responses to “mencairkan dana jamsostek

  1. Aku musti nunggu lamaaaa banget waktu ngambil dananya.. Kebetulan emang ga milih di transfer karena bituh beberapa hari. Memang sih ga ngambil di Jamsostek Menara Mulia, tp di Bekasi.. Wuuih sekitar 2 Jam kali aku nunggunya.. >___<

    • Oh kalo ambil langsung lama ya? Aku sih males bawa cash gitu, makanya mending ditransfer aja. Semoga proses transfernya sesuai janji dan mulus deh.

Leave a Reply

